Lebih Nyaman Mana Gamis Bahan Jersey Atau Ceruty ?

Seperti yang kita ketahui jika banyak sekali baju yang berbahan dasar dari kain jersey ataupun ceruty, namun yang paling sering dijumpai adalah gamis. Bagi beberapa wanita muslimah penggunaan dari bahan jersey dan juga ceruti menjadi salah satu hal yang cukup lumrah, karena memang kedua bahan ini cukup digemari oleh para wanita muslimah.

Salah satu pertimbangan dalam menentukan pakaian atau busana adalah tingkat kenyamanan ketika digunakan. Meskipun busana tersebut sangat bagus, tetapi jika tidak memberikan kenyamanan, maka akan percuma.

Lalu sebenarnya lebih nyaman mana ketika menggunakan bahan jersey dan juga bahan ceruti? Kedua hal tersebut banyak sekali menjadi pertanyaan. Terlebih lagi bagi orang yang belum pernah menggunakannya atau mencobanya. Untuk itu, dari pada terjadi salah memilih di bawah ini terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan dari kain jersey serta kaidah yang wajib Anda ketahui.

Kelebihan Serta Kekurangan Dari Gamis Berbahan Jersey

Pastinya setiap bahan busana akan memiliki kelebihan dan kekurangan jika ditelusuri. Sama halnya seperti bahan gamis dari jersey atau pun dari ceruti. Kedua hal tersebut merupakan bahan yang berbeda. Tetapi sedikit banyak sifatnya hampir sama. Kesamaan terletak pada kainnya yang jatuh saat digunakan. Umumnya kain yang memiliki kriteria tersebut tidak akan mudah kusut saat digunakan. Jadi anda tidak perlu terlalu sering dalam menyetrika.

Kelebihan Penggunaan Gamis dengan Bahan Jersey

Nah di bawah ini terdapat beberapa kelebihan yang wajib Anda ketahui untuk gamis yang berbahan dari kain jersey. Sehingga anda bisa memilah bahan yang hendak digunakan dan disesuaikan untuk gamis yang ingin dibeli.

Bahan jersey sangat nyaman dipakai karena bahannya yang adem setelah jatuh dan pastinya tidak akan membuat badan menggembung dan terlihat gemuk. Salah satu cara untuk membuat badan gemuk tampil lebih kurus adalah dengan menggunakan bahan ini. Pilihan warna gelap juga menjadi salah satu cara untuk membuat badan lebih tampak ideal.

Bahan jersey terdapat banyak sekali pilihan warna dan bisa menyesuaikan keinginan dari penggunaannya. Bagi anda yang menyukai warna kalem, maka bisa menggunakannya. Begitu pula sebaliknya, terdapat pula warna yang kontras atau lebih menantang. Jika menggunakannya, maka akan menimbulkan karakter serta kesan yang berbeda.

Untuk kain jersey sendiri terdapat berbagai macam pilihan ketebalan sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan. Mengenai ketebalan kain, hal yang harus diperhatikan adalah kebutuhan penggunaan. Bagi anda yang ingin menggunakan busana untuk musim panas, maka sebaiknya memilih kain yang tipis dan tidak panas ketika digunakan. Begitu pula sebaiknya jika ingin menggunakan kain di musim dingin.

Untuk harga dari gamis ini sendiri cukup bervariasi karena hal tersebut akan tergantung pada ketebalan, kualitas dari bahannya serta kenyamanan yang dibutuhkan. Jika anda ingin menggunakan bahan kain yang berkualitas, maka pilihlah kain dengan kualitas premium. Tetapi biasanya harga yang ditawarkan bisa dibilang lebih mahal.

Kekurangan Penggunaan Gamis dengan Bahan Jersey

Sama seperti gamis yang berbahan tipis pada umumnya. Pastinya ada kekurangan seperti mudah rusak dan sebagainya. Berikut merupakan kekurangan dari bahan jersey untuk pembuatan busana.

Gamis yang berbahan jersey sangat mudah rusak apabila terlalu sering disetrika maka dari itu sangat disarankan untuk tidak menyetrika gamis yang berbahan jersey. Jersey yang terlalu lama terkena panas, akan timbul melar. Bahkan kemungkinan terburuknya, warna bisa berubah mejadi memudar. Oleh karena itu, lebih baik menyetrika dengan tingkat kepanasan yang sedang.

Gamis bahan jersey sendiri sangat cenderung membentuk lekuk tubuh sehingga bagi para wanita yang menggunakannya sangat disarankan untuk menggunakan baju dalaman jika ingin menggunakannya keluar rumah. Tetapi berbeda jika anda menggunakan gamis yang memiliki ukuran lebih besar.

Kemudian gamis ini akan membentuk tubuh para penggunanya sehingga sangat cocok kalau minat menggunakan kerudung yang besar.

Kelebihan Serta Kekurangan Dari Gamis Yang Berbahan Ceruti

Kain ceruti menjadi salah satu jenis kain yang memiliki ciri khusus seperti halnya kain sifon yang warna tekstur sangat mirip dengan kulit jeruk. Tentu saja gamis ini memiliki beberapa keunggulan serta kekurangan ketika digunakan sebagai gamis. Meskipun demikian, banyak pula yang minat terhadap penggunaan kain ini sebagai bahan pembuatan gamis. Premium atau tidaknya gamis yang dihasilkan tergantung pada jenis ceruty yang digunakan.

Kelebihan Gamis dengan Bahan Ceruti

Untuk kelebihan yang dimiliki kain ceruti tentu mempunyai tampilan kain yang sangat elegan karena mampu memberikan tampilan yang mewah bagi siapapun yang menggunakan gamis dengan bahan kain ceruti. Kain ceruti ini juga memiliki karakteristik yang cenderung jatuh sehingga sangat tepat apabila dipakai menjadi busana dalam sebuah event atau kegiatan tertentu.

Umumnya busana dengan bahan kain ini lebih banyak digunakan dalam acara yang tidak resmi. Seperti acara santai dan sebagainya. Karena cenderung non formal. Meskipun demikian, apabila anda ingin mencoba menggunakan bahan ini pada acara formal, maka harus dikombinasikan dengan bahan lainnya terlebih dahulu. Karena untuk menunjukkan kesan formal dari busana tersebut.

Kemudian bahan Ceruti ini merupakan bahan semi premium. Kain jenis seperti ini memang memiliki berbagai macam varian contohnya saja kain ceruti jenis georgette dan juga jenis diamond. Karena untuk kain semi premium sendiri dapat dikatakan menjadi kain yang cantik meskipun dengan harga terjangkau sekalipun.

Kekurangan Gamis dengan Bahan Ceruti

Pada pemilihan bahan ceruti yang premium, anda juga harus menyesuaikan dengan keadaan saat menggunakannya. Gamis merupakan pakaian yang serba tertutup. Sehingga apabila pada cuaca yang panas, maka harus menggunakan kain yang memberikan kesan lebih adem. Begitu pula sebaliknya. Pada intinya, pemilihan gamis dengan bahan ceruti haruslah berdasarkan pada tingkat kenyamanan.

Sedangkan untuk kekurangan yang dimiliki oleh gamis yang berbahan ceruti ialah sangat mudah terbawa angin. Hal ini dikarenakan tekstur dari kainnya yang sangat lembut dan juga tipis sehingga menjadikan kain ini kurang kuat apabila menahan hembusan angin. Selain itu, bahan ceruti sendiri sangat mudah sobek apabila tersangkut. Tetapi apabila anda menggunakan kain ceruti yang premium. Maka akan lebih awet dan tidak mudah koyak.

Nah, itulah beberapa kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh gamis berbahan jersey serta ceruti. Dikarenakan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing tentu saja hal tersebut akan kembali pada individu yang akan menggunakannya.

Penggunaan dari kain ceruti memang sangat cocok jika digunakan pada sebuah event atau acara tertentu contohnya saja ketika datang ke acara pernikahan. Sedangkan untuk gamis yang berbahan jersey sangat cocok ketika digunakan sehari-hari bahkan sangat nyaman ketika digunakan di rumah sekalipun. Untuk itu, pastikan Anda memilih gamis yang sesuai dengan kebutuhan anda hanya di Mukena Distro.